RESEP MASAKAN IKAN SARDEN BUMBU TOMAT

Bulan Ramadhan biasanya identik dengan makanan yang mudah dibuat, akan tetapi memiliki nilai gizi yang tinggi. Oleh karena itu, makanan kalengan seperti Sarden dan Kornet biasanya menjadi menu yang dipilih para ibu rumah tangga yang tidak mau repot menyiapkan menu makanan sahur. Sarden dan Kornet selain dapat disajikan dengan cepat, juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan lezat untuk dinikmati saat santap sahur sekeluarga.

Bulan Puasa adalah bulan yang penuh rahmat. Selama satu bulan penuh ummat muslim berpuasa dengan hanya berharap keridhoan Allah SWT. Bukanlah hal yang mudah untuk bisa melalui hari-hari di Bulan Ramadhan jika tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi yang baik dan seimbang. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang jitu untuk bisa menghidangkan makanan yang bernilai gizi tinggi sekaligus mudah diolah dan penyajiannya tidak rumit.

Sarden adalah makanan olahan dengan bahan dasar ikan yang dikalengkan dengan berbagai pilihan rasa. Ikan Sarden dalam kaleng memiliki rasa yang tak kalah enak dengan ikan segar lainnya, karena diolah di pabrik dengan standar kualitas yang terjaga. Ikan Sarden kalengan dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko atau warung terdekat dalam berbagai merek dengan harga yang bervariasi. Meskipun ikan sarden kalengan adalah makanan siap saji, namun untuk mendapatkan rasa yang enak, ikan sarden perlu dimasak terlebih dahulu. Lebih dari itu, banyak cara memasak sarden yang lezat dengan tambahan beberapa bumbu tertentu untuk memperkuat rasa.

Berikut ini adalah resep masakan dengan bahan dasar ikan sarden kalengan yang cukup mudah dibuat. Usahakan jangan terlalu sering mengaduk agar ikan tidak mudah hancur, selain itu, anda bisa menambahkan air untuk mengatur kekentalan. Hati-hati saat membuka kalengnya agar tangan Anda atau ikannya tidak tergores.

Resep Masakan Ikan Sarden Bumbu Tomat

Resep Masakan Ikan Sarden Bumbu Tomat

Bahan-bahan Resep Masakan Ikan Sarden:

– 5 buah cabai merah, diiris-iris
– 5 buah bawang merah, iris tipis-tipis
– 3 siung bawang putih, iris tipis-tipis
– 3 buah cabai rawit, diiris-iris
– 2 batang serai, dimemarkan
– 2 lembar daun bawang, diiris tipis-tipis
– 1 buah tomat, diiris menjadi enam bagian
– 1 cm jahe, dimemarkan
– Gula secukupnya
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menumis

Cara Memasak Ikan Sarden:

  1. Buka kaleng sarden dan keluarkan isinya.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan cabai merah, cabai rawit dan jahe ke dalam tumisan.
  4. Tambahkan serai.
  5. Masukkan sarden ke dalam tumisan, aduk perlahan sampai rata. Hati-hati mengaduk, jangan sampai ikan sarden menjadi hancur.
  6. Tambahkan potongan tomat dan daun bawang. Masak sampai kuah mengental.
  7. Masukkan gula dan garam sesuai selera, biarkan hingga matang.
  8. Sajikan Hangat.

Jika diperhatikan, sebenarnya memasak ikan sarden kalengan tidaklah membutuhkan keahlian khusus. Setiap orang dapat melakukannya dan dapat melakukan sedikit improvisasi dengan cara menambahkan berbagai bahan masakan yang disukai. Meskipun banyak juga yang menghindari makanan kalengan karena dikhawatirkan mengandung zat-zat yang berbahaya, akan tetapi ikan sarden kalengan ternyata juga mengandung gizi yang sangat baik bagi tubuh.

This entry was posted on Monday, June 22nd, 2015 at 1:55 pm and is filed under Bahan Dasar Ikan Sarden, Resep Bulan Ramadhan, Resep Tumis. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.