Resep Masakan dan Cara Membuat Bubur Sumsum Hijau Wangi Pandan

Resep Masakan Nusantara - Bubur Sumsum Hijau Wangi Pandan

Resep Masakan Nusantara – Bubur Sumsum Hijau Wangi Pandan

Bubur Sumsum adalah penganan yang sangat cocok untuk disajikan pagi hari atau ketika cuaca tengah dingin. Ya, penganan ini sangat lezat jika disajikan hangat-hangat. Namun, tentu semua tergantung pada selera. Tidak jarang bubur sumsum disajikan dengan tambahan es batu dan pelengkap lainnya sehingga bisa saja disajikan di tengah hari ketika cuaca tengah panas.

Bubur Sumsum (biasa juga disebut “Bubur Lemu”) dibuat dengan menggunakan bahan Tepung Beras. Penggunaan Tepung Beras ini akan menghasilkan bubur dengan tekstur yang sedikit lebih kasar dan lebih padat dibandingkan dengan tepung terigu. Itulah sebabnya bubur sumsum biasa disajikan berupa potongan-potongan yang diambil dengan menggunakan sendok.

Bubur Sumsum biasa diberi warna hijau dengan menggunakan Daun Suji. Daun Suji adalah pewarna alami yang akan menghasilkan warna hijau yang lembut sekaligus menyehatkan. Bubur Sumsum disajikan dengan Kinca dari bahan gula merah yang diberi Daun Pandan, sehingga akan menghasilkan aroma yang wangi dan mengundang selera.

Bahan:
– Daun Suji 10 lembar
– Tepung Beras 100 gram
– Air 500cc
– Santan Kental 50ml
– Garam 1/2 sdt
– Gula merah 200gram
– Daun pandan 3 lbr

Cara Membuat:
– Didihkan air
– Masukkan tepung beras, perasan daun suji, santan kental
– Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental
– Biarkan menjadi dingin

Kinca:
– Panaskan air 50ml
– Masukkan gula merah dan daun pandan
– Aduk-aduk hingga mendidih

Video Resep Masakan dan Cara Membuat Bubur Sumsum Hijau Wangi Pandan:

This entry was posted on Monday, February 6th, 2017 at 4:51 pm and is filed under Bahan Dasar Daun Suji, Bahan Dasar Gula Merah, Bahan Dasar Santan, Bahan Dasar Tepung Beras, Resep Bubur. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.