Aneka Resep Soto Nusantara

Aneka Resep Soto

Soto adalah masakan yang bisa dipastikan berasal dari negara Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia menggunakan dialek yang berbeda untuk sebutannya: soto, sroto, atau coto. Ciri khas dari masakan soto adalah terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Namun, ada beberapa variasi yang berhubungan dengan bahan dasarnya, yaitu daging. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan daging ayam, meskipun di beberapa daerah juga menggunakan daging lain seperti daging babi dan daging kambing. Nama jenis soto biasanya dibuat berdasarkan pada daerah penghasil resep khas soto Nusantara, sehingga istilah soto yang berbeda menunjukkan dari mana soto tersebut berasal, contoh misalnya Coto Makassar, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Betawi, Soto Kediri, Soto Madura,  soto Medan, Soto Padang,  Soto Sokaraja. Soto juga dibuat dengan bahan dasar daging dari jenis yang juga bervariasi, sehingga kemudian muncul istilah yang berbeda untuk menunjukkan kandungan daging yang berasal dari jenis yang berbeda, misalnya soto ayam, soto daging, soto babat, soto kambing.

Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop, namun ada ciri khas yang menandai sebuah soto sekaligus satu hal yang tidak ada dalam resep masakan sop, yakni adanya soun, bihun, atau di beberapa daerah menggunakan mie. Perbedaan lain adalah rasanya yang lebih “tajam” dibandingkan dengan sop. Kebanyakan soto memiliki rasa yang asin, ditambah dengan air perasan jeruk nipis, sambal, dan dihidangkan dalam keadaan panas, membuat selera makan biasanya langsung terbit. Sangat berbeda dengan sop yang memiliki tampilan yang jauh lebih “kalem”.

Soto biasanya dihidangkan dengan nasi, namun di beberapa daerah terdapat variasi mengenai bagaimana menghidangkan nasi tersebut. Kebanyakan orang menghidangkan soto dengan nasi yang terpisah. Beberapa daerah di Jawa Tengah menghidangkan soto dengan mencampurkan nasi ke dalamnya, contohnya seperti Soto Kudus, Soto Solo. Di beberapa daerah ada juga yang mengganti nasi dengan Mie seperti Soto Mie Jakarta atau Soto Mie Bogor, ada pula yang diganti dengan lontong atau nasi yang dibungkus dengan daun pisang seperti pada Coto Makassar.

Soto di berbagai daerah disajikan dalam cara yang berbeda-beda. Soto biasanya dihidangkan bersama dengan menu pelengkap, misalnya emping, kerupuk, melinjo, perkedel, sambal, saus kacang, dan lain-lain. Variasi lain juga terlihat pada makanan tambahan sebagai pendamping masakan soto, seperti jeruk limau, koya(campuran kerupuk dan bawang putih), sate kerang, sate telur, dan lain-lain.

Lalu, resep soto lezat mana yang menjadi pilihan Anda? Tentu saja semua bergantung pada selera dan kebiasaan makannya masing-masing. Tidak ada standar baku mengenai resep masakan soto mana yang paling enak karena masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri dalam membuat masakan soto.

Mau mencoba resep soto super enak? Berikut ini kami tampilkan aneka resep soto dari berbagai daerah yang berhasil dikumpulkan. Selamat Mencoba!

This entry was posted on Friday, April 13th, 2012 at 2:33 pm and is filed under Resep Soto, Serba-serbi Masakan Nusantara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.